Oleh-oleh Khas Blitar yang Wajib Dibeli

Oleh-oleh Khas Blitar yang Wajib Dibeli

Kota Blitar dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno. Di kota berjuluk Kota Patria ini juga Sang Proklamator dikebumikan. Makam beliau di Jalan Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar menjadi salah satu lokasi tujuan wisata sejarah dan ziarah masyarakat dari berbagai daerah. Jangan lupa berburu oleh-oleh khas Blitar dan souvenirnya jika ke tempat ini.

Selain makam Presiden Soekarno, di Blitar juga banyak terdapat tempat-tempat wisata seperti Gunung Butak, Pantai Tambakrejo, Pantai Jolosutro, dan Gua Luweng. Di tempat-tempat wisata ini Anda bisa menemukan souvenir dan oleh-oleh. Namun, tidak ada salahnya Anda membeli di toko yang khusus menjual oleh-oleh untuk mendapatkan produk yang lebih lengkap dan beragam serta harga yang lebih murah.

Bagi Anda yang sedang atau berencana mengunjungi Blitar dalam waktu dekat, lengkapi catatan dengan daftar oleh-oleh khas Blitar berikut ini.

wajik kletik oleh oleh khas blitar
Instagram @yohanaintan3008


Wajik Kletik


Wajik Kletik merupakan kue tradisional khas Blitar yang dibuat dari beras ketan, gula kelapa, dan santan sebagai bahan dasarnya. Keunikan oleh-oleh khas Blitar satu ini ada pada bungkusnya yang berupa klobot atau kulit jagung yang sudah kering. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Blitar ini di toko oleh-oleh Jalan Sultan Agung, Gg 1 No. 24, Blitar, tak jauh dari alun-alun Kota Blitar dan Taman Kebon Rojo. Harga camilan ini mulai Rp 8.000 untuk kemasan berisi 5 buah.

geti oleh oleh khas blitar
Dokumentasi menjualkerupuk.com

Geti


Kacang, wijen, dan gula merah yang dicampur jadi satu menjadi camilan khas Blitar yang bernama Geti. Selain dijadikan buah tangan, Geti biasa disajikan ketika acara-acara hajatan dan hari raya khususnya Idul Fitri. Harga Geti sangat terjangkau, per bungkusnya dijual mulai Rp 10.000 di pasar tradisional dan toko oleh-oleh khas Blitar di kota ini.

Kunjungi : Daftar Tempat Wisata Nganjuk Sangat Indah dan Menarik

opak gambir oleh oleh khas blitar
Instagram @idoyibanez


Opak Gambir


Oleh-oleh khas Blitar ini mempunyai rasa manis dan gurih. Opak Gambir dibuat dari bahan tepung terigu dan sari buah. Bentuknya yang sangat tipis menjadikan camilan satu ini sangat renyah. Opak Gambir tak hanya berbentuk lempengan, tetapi juga kerucut dan juga bentuk seperti pipa. Opak Gambir bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh dan pasar tradisional dengan harga sekitar Rp10.000 per bungkus.

kaos khas blitar oleh oleh blitar
Dokumentasi Tokopedia.com


Kaos Blitar


Di samping oleh-oleh kue dan camilan, Blitar juga menawarkan oleh-oleh khas berupa souvenir kaos. Desain dan tulisan yang dicetak pada kaos ini benar-benar membawa nuansa khas Blitar. Kaos yang paling banyak diburu tentunya bergambar Presiden Soekarno dengan kutipan-kutipan terkenal beliau. Harga souvenir kaos ini mulai Rp 80.000, bisa didapatkan di tempat-tempat wisata Blitar dan di toko serta pasar tradisional.

madumongso oleh oleh khas blitar
Instagram @eyulianto


Madumongso


Madumongso merupakan makanan dari olahan tape ketan hitam, santan, nanas, dan gula yang dimasak hingga menjadi seperti dodol atau jenang. Setelah jadi, oleh-oleh khas Blitar ini dibungkus dengan kertas berwarna-warni. Jajanan ini biasa disuguhkan di acara resepsi pernikahan atau ketika hari raya Idulfitri. Madumongso banyak dijual di pusat oleh-oleh, contohnya Toko Omaku di Jalan Merdeka 197, Blitar. Harganya dibanderol sekitar Rp 23.000 per bungkus.

Itulah oleh-oleh khas Blitar yang harus Anda beli sebelum meninggalkan Kota Patria ini. Sebelum membeli oleh-oleh berupa makanan, cicipi dahulu, jika cocok di lidah Anda belilah dalam jumlah banyak agar tidak menyesal sesampai di rumah
Advertisement

Baca juga:

You Might Also Like:


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments