Tempat Wisata Sidoarjo Jawa Timur Ini Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Sidoarjo Jawa Timur Ini Wajib Anda Kunjungi

Sidoarjo adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur. Daerah yang kini identik dan terkenal dengan lumpur lapindonya ini ternyata juga memiliki pesona wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya. Sidoarjo juga menjadi satu dari dua daerah penyangga Kota Surabaya selain Gresik. Nah, berikut ini 3 tempat wisata di Sidoarjo Jawa Timur yang menarik untuk Anda kunjungi di tahun 2018 ini.

pulau sarinah wisata sidoarjo jawa timur
dokumentasi afian_shandy86


Pulau Sarinah di Desa Tlocor


Namanya Pulau Sarinah. Ada juga yang menyebutnya Pulau Lusi, kependekan dari Lumpur Sidoarjo. Semburan lumpur Lapindo yang tak ada akhirnya hingga kini ternyata membawa sisi unik lain. Di kawasan Pantai Tlocor terdapat sebuah pulau baru seluas 80 hektare yang kini menjadi salah satu objek wisata baru.

Pulau ini terbentuk dari endapan lumpur yang dibuang ke sungai dan terbawa ke pantai. Semula berupa lahan yang gersang, kemudian oleh penduduk setempat ditanami bakau dan ternyata tumbuh subur. Pulau ini sering menjadi tujuan penelitian para mahasiswa.

Pulau Sarinah terletak di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Lokasinya sekitar 30 Km dari Kota Sidoarjo. Meskipun agak jauh namun rute ke Pulau Sarinah sangat mudah. Setelah jembatan Porong Anda ambil arah ke kiri. Dari situ Dermaga Tlocor jaraknya sekitar 15 Km, di sana Anda tinggal menyewa perahu nelayan untuk menyeberang ke Pulau Sarinah.

Kunjungi : Snowcake Oleh Oleh Kekinian Surabaya

Masuk ke pulau ini gratis, sedangkan fasilitasnya sudah mulai dibangun oleh Pemda setempat. Anda hanya perlu bayar ongkos sewa perahu berangkat dan pulang antara Rp150.000 sampai Rp200.000.

lumpur lapindo wisata sidoarjo
dokumentasi 1202021mu


Lumpur Lapindo Sidoarjo


Tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini tentu wajib Anda kunjungi. Setelah lebih dari 11 tahun bencana lumpur panas, kini semburannya belum juga berhenti walaupun sudah lebih bisa diatasi dampaknya. Nah, kalau tadi adalah pulau hasil endapan lumpur, kini pusat semburan lumput Lapindo pun dijadikan lokasi wisata. Di beberapa titik dipasang patung-patung yang menggambarkan korban bencana.

Kunjungi : Vallens Cake Oleh Oleh Hits Surabaya

Untuk ke Lumpur Lapindo, jika dari alun-alun Sidoarjo tinggal mengarahkan kendaraan ke selatan menempuh Jalan Raya Larangan ke arah Porong. Sampai di lokasi ada pintu masuk dan Anda hanya perlu bayar parkir sebesar Rp5.000. Jika tidak membawa kendaraan sendiri, Anda bisa menyewa jasa penduduk setempat yang siap mengatar berkeliling dengna tarif tertentu.

kampung batik jetis sidoarjo wisata sidoarjo jawa timur
dokumentasi kainusa.id


Kampung Batik Jetis Sidoarjo


Kalau sudah berkunjung ke tempat wisata di Sidoarjo seperti Lumpur Lapindo dan pulau Lusi di atas, maka tinggal puaskan hasrat belanja Anda dengan mampir ke Kampung Batik Jetis Sidoarjo. Kawasan sentra batik ini berlokasi di pusat kota, yaitu Jalan Diponegoro, Sidoarjo. Tentunya tidak sulit untuk ditemukan. Begitu memasuki kampung ini Anda akan sidambut gapura besar bertuliskan “Kampoeng batik Jetis, Sejak 1675”.

Kunjungi : Vidi Vini Vici Cake Oleh Oleh Enak Surabaya

Di lokasi ini Anda akan menemukan motif khas Sidoarjo berupa motif burung merak. Selain berbelanja bahan batik dengan berbagai variasi harga, Anda juga bisa sambil mengenal cara pembuatan batik tulis.

pantai kepetingan sidoarjo wisata sidoarjo jawa timur
dokumentasi debbi_ya


Pantai Kepetingan/Ketingan


Beralih ke tempat wisata di Sidoarjo yang berupa pantai. Pantai Kepetingan merupakan pantai yang indah dengan pemandangan hutan bakau dan berbagai spot foto yang instagramable. Lebih seru lagi karena di pantai ini sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung yang memadai. Mulai dari gazebo hingga toilet. Anda bisa berkemah, snorkeling, maupun menikmati indahnya senja.

Lokasinya di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Untuk menuju pantai ini sayangnya jalur darat sangat kurang nyaman. Biasanya pengunjung menggunakan perahu nelayan menyusuri Bluru Kidul – Balongdowo – Karangayam – Gisik Cemandi – Kalanganyar – Pantai Ketingan/Kepetingan. Untuk biaya masuk tidak ada, namun biaya sewa perahu bisa saja mahal.

Bagaimana? Yakin nggak ingin mengunjungi 4 tempat wisata di Sidoarjo paling populer di atas? Masih banyak lo tempat wisata lainnya yang akan memuaskan Anda.
Advertisement

Baca juga:

You Might Also Like:


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments