5 Tempat Wisata Mojokerto Ini Ciamik Banget

5 Tempat Wisata Mojokerto Ini Ciamik Banget

Kota Mojokerto terdapat di Provinsi Jawa timur. Lokasinya sekitar 50 km barat daya kota Surabaya. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika tengah berkunjung ke sana. Apa saja ya? Ini dia ulasan lima tempat wisata di Mojokerto yang ciamik banget.

vihara majapahit wisata mojokerto
dokumentasi niftaqulwidjayanti


Maha Vihara Majapahit


Lokasinya berada sekitar 300 meter dari tepi Jl Raya Trowulan. Bila dari pusat Kota Mojokerto, Anda menempuh jarak sejauh 14 km sampai Jl Raya Trowulan, lalu belok kiri ke Jl Candi Baru, kemudian belok kanan hingga ke lokasi. Maha Vihara ini dibangun oleh Bante Viriyanadi Mahathera pada 1989 di area seluas 20.000 m2.

Daya tariknya pada patung Buddha Gautama tidur dengan ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter yang menjadi patung Buddha terbesar di Indonesia. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, untuk orang dewasa Rp3.000,00 dan Rp2.000,00 untuk anak-anak.

petirtaan jolotundo wisata mojokerto
dokumentasi adhy.ndeso


Petirtaan Jolotundo


Kawasan wisata yang memiliki nilai sejarah tinggi ini terletak di lereng Gunung Penanggungan, Seloliman, Trawas, Mojokerto. Pemandian ini sudah ada sejak 997 Masehi. Konon kabarnya memiliki hubungan dengan petilasan Kerjaan Kahuripan dan dahulunya dijadikan tempat pemandian raja dan ratu. Bangunannya terbuat dari jenis batu adhesit dengan pahatan relief yang memiliki 52 pancuran air.
Kunjungi : Vidi Vini Vici Cake Oleh Oleh Kekinian
Untuk menuju lokasi, bisa melalui jalur dari Kecamatan Pungging melewati Desa Kesamen. Disarankan untuk memakai kendaraan pribadi menuju lokasi wisata karena kendaraan umum yang masih sangat jarang ditemui. Harga tiket masuk ke lokasi hanya Rp 6.000 dan biaya parkir sebesar Rp3.000 baik untuk dewasa maupun anak-anak.

makam troloyo wisata mojokerto
dokumentasi enanaweiwi


Makam Troloyo


Makam Troloyo merupakan kompleks pemakaman islam kuno yang berlokasi di Jl. Syech Jumadil Kubro, Desa Troloyo, Kecamatan Trowulan. Meski bernama makam, tapi ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Mojokerto. Jaraknya dari pusat kota Mojokerto sejauh 12 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari jalan raya Trowulan cukup lurus saja, atau jika Anda bingung, bisa bertanya pada google maps di ponsel pintar Anda.

Di sini terdapat makam Syekh Jumadil Kubro yang merupakan kakek dari Sunan Ampel. Makam Troloyo juga kerap menjadi rumah bagi berbagai upacara budaya masyarakat sekitar. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

sanggar gubug wayang mojokerto
dokumentasi gubugwayang


Museum Sanggar Gubug Wayang


Sesuai dengan namanya, di museum ini terdapat berbagai macam jenis wayang yang tertata apik. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang rumput, hingga wayang potehi ada di sini. Selain wayang, terdapat koleksi benda antik dengan jumlah yang banyak dan juga koleksi lain seperti gamelan, keris, film jadoel, kuda lumping, reog ponorogo, dan lain sebagainya. Kalau penasaran, langsung kunjungi saja ya.

Museum yang dibuka untuk umum sejak 18 Agustus 2015 ini lokasinya berada di Jl. RA Kartini No. 23, kota Mojokerto. Buka pada setiap hari Selasa hingga Jumat mulai pukul 09:00 sampai dengan 17:00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu-Minggu buka hingga pukul 20:00 WIB. Harga tiketnya  untuk pengunjung umum sebesar Rp 30.000 dan untuk pengunjung yang berstatus pelajar sebesar Rp 20.000.

museum purbakala wisata mojokerto
dokumentasi suherah_saleh


Museum Balai Pelestarian Purbakala


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Siapa yang tidak tahu ungkapan terkenal dari Bung Karno ini? Terkait dengan wisata sejarah di Mojokerto, museum satu ini memang cocok sekali untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Jl. Mojopahit No. 141-143, Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Museum ini dikelola oleh Balai Pelestarian dan Peninggaln Purbakala (BP3) Jawa Timur.

Museum buka pada hari Selasa hingga Minggu pada pukul 07:30-15:30 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp1.500 untuk pelajar dan Rp2.500 untuk umum. Untuk aksesibilitas, museum ini mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Nah itulah lima tempat wisata di Mojokerto yang ciamik pastinya. Jadi, sudah dapat pencerahan kan untuk berwisata di Mojokerto?
Advertisement

Baca juga:

You Might Also Like:


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments