4 Tempat Wisata Madiun Terbaik Cocok Bersama Keluarga

4 Tempat Wisata Madiun Terbaik Cocok Bersama Keluarga

Tak ketinggalan dengan provinsi lain di Jawa Timur yang punya segudang pesona wisata, Madiun juga memiliki destinasi wisata unggulan. Kabupaten yang beribukota di Madiun ini menyediakan berbagai macam jenis wisata. Mulai dari taman bermain, wisata sejarah, wisata alam, maupun wisata pantai di Madiun. Berikut ini 4 pilihan terbaik untuk referensi tempat wisata di Madiun yang harus Anda kunjungi.

situs nglambangan wisata madiun
dokumentasi dadingpraptasany


Situs Ngamblangan


Situs Ngamblangan merupakan situs yang menyajikan berbagai benda bersejarah zaman Majapahit. Di sini Anda menyaksikan Lumbung, sumur kuno, punden, petirtaan, watu dakon hingga tempat penyimpanan pusaka. Pada bulan Suro atau Muharam, tempat ini dijadikan lokasi ritual tahunan. Tepatnya pada Jum’at Legi, ada acara bersih desa. Nah, berbagai kesenian menjadi salah satu rangkaian acaranya. Mulai dari wayang kulit, reog, hingga Langen Beksan (tari sejenis Tayub), hingga tumpengan.

Lokasi situs Ngamblangan adalah di Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Dari Kota Madiun hanya 8 Km ke arah timur.

taman wisata umbul wisata umbul
dokumentasi ainesedu


Taman Wisata Umbul


Selanjutnya tempat wisata di Madiun yang berupa taman rekreasi. Anda bisa pilih Taman Wisata Umbul yang merupakan lokasi wisata bersejarah peninggalan Belanda. Di sini Anda bisa memanjakan keluarga dengan berbagai wahana yang kini tersedia lengkap. Dari taman bermain, kebun binatang mini, wahana out bond dan tentunya kolam renang besar. Di kebun binatang mini Anda bisa menyaksikan kera, ular sanca, rusa, merak, maupun buaya dan binatang lainnya.
Kunjungi : Vallens Cake Oleh Oleh Hits Solo
Lokasi Taman Wisata Umbul adalah di Desa Glonggon, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Lokasi ini hanya berjarak 15 Km arah selatan Kota Madiun. Karena itu akses dan rutenya sangat mudah. Ikuti saja Jalan Raya Soekarno-Hatta atau Jalan Raya Ponorogo. Harga tiket masuknya Rp10.000 pada hari biasa, dan Rp15.000 pada hari libur dan akhir pekan. Kalau Anda datang ke Umbul Square Night Festival biayanya pun hanya Rp5.000.

taman wisata grape wisata madiun
dokumentasi wanawisatagrapekphmadiun


Wana Wisata Grape


Masih di sekitaran Kota Madiun, tempat wisata di madiun yang satu ini berkonsep hutan wisata yang unik. Tempat di tepi hutan Jati KPH Madiun dan luasnya mencapai 1,5 hektare. Anda akan merasakan sejuknya hutan jati, jernihnya air sungai dan indahnya pemandangan. Untuk urusan swafoto, Wana Wisata Grape adalah lokasi yang sangat pas untuk berburu foto yang Instagramable.

Berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, tempat ini hanya berjarak  sekitar 13 kilometer ke arah tenggara dari Kota Madiun. Otomatis akses dan rute pun mudah. Jika dari Kota Madiun, maka tinggal mengikuti Jl. Raya Dungus, ataupun Jl. Raya Geger – Madiun, dan Jalan Raya Soekarno-Hatta. Dengan biaya hanya Rp1.500.

air terjun krecekan danu wisata madiun
dokumentasi juniawanarief


Air Terjun Krecekan Denu


Tak jauh dari Wana Wisata Grape, hanya berjarak 4 Km, Anda bisa menikmati tempat wisata Madiun yang lain, yaitu Air terjun Krecekan Denu. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 20 meter. Di sekitar air terjun suasananya asri dan sejuk. Sungguh nyaman untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan.

Lokasinya berada di Desa Kepel, Kecamatan Grape, Kabupaten Madiun. Sekitar 18 Km dari pusat kota Madiun. Jika sudah di Wisata Grape, tinggal lurus saja mengikuti jalan hingga 4 Km kemudian Anda akan berjumpa dengan gapura masuk ke Air Terjun. Untuk masuk ke lokasi harga tiketnya hanya Rp5.000 per orang dan biara parkir Rp2.000.

Itulah 4 pilihan terbaik untuk tempat wisata di Madiun yang bisa jadi referensi liburan Anda. jangan lupa jaga kesehatan tubuh dan kendaraan Anda. Mari lestarikan tempat-tempat wisata yang indah dengan turut menjaga kebersihan dan keindahan.
Advertisement

Baca juga:

You Might Also Like:


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments