Air Terjun, Inilah Tempat Wisata Bojonegoro dan Tuban

Air Terjun, Inilah Tempat Wisata Bojonegoro dan Tuban

Banyak tempat wisata Bojonegoro dan Tuban yang dapat disinggahi ketika Anda menjelajahi Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki keindahan destinasi wisata berupa situs sejarah, taman tema, hingga bentang alam yang mampu memanjakan mata. Air terjun berikut ini, merupakan salah satu wisata alam yang mesti dikunjungi jika bertandang ke Bojonegoro dan Tuban.

Air Terjun Pucang, wisata bojonegoro
Air Terjun Pucang. Sumber : Instagram @dolan.bojonegoro

Air Terjun Pucang


Tempat wisata Bojonegoro ini berada di Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro. Estimasi waktu dari pusat kota Bojonegoro ke lokasi sekitar 1,5 jam. Belum banyak orang yang mengetahui lokasi air terjun ini, sehingga pengunjungnya pun masih sedikit dan tak dikenakan biaya untuk masuk ke sana.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, bergantung kepada keberuntungan Anda. Jika pergi ke sana keika musim kemarau, dipastikan debit air sangat kecil. Sebaliknya, jika berkunjung ketika musim hujan, ada kemungkinan banjir. Sehingga Anda harus memperhatikan kondisi cuaca jika hendak ke menuju sana.

Di kawasan ini terdapat area parkir yang cukup luas, toilet, dan rumah makan yang cukup memadai. Untuk piknik bersama keluarga dan teman-teman, tempat ini sangat direkomendasikan.

Air terjun gupit Tempat Wisata Bojonegoro
Air Terjun Kedung Gupit, Bojonegoro

Air Terjun Kedung Gupit


Air terjun ini juga sering disebut air terjun Krondonan, karena lokasinya yang berada di Desa Krondonan, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Jarak tempuh menuju tempat wisata Bojonegoro ini, sekitar 50 km dari pusat kota Bojonegoro, dekat dengan perbatasan Kabupaten Madiun.

Untuk menuju ke air terjun dengan lebar mencapai 8 meter ini, anda perlu memanjat bebatuan yang cukup besar. Perlu usaha keras, keberanian, dan hati-hati agar sampai dengan selamat.

Tidak dikenakan biaya masuk untuk mengekplorasi kawasan ini. Anda hanya cukup membayar parkir kendaraan secara sukarela. Jika ingin menginap untuk menikmati air terjun, Anda dapat menyewa rumah penduduk setempat, dengan harga antara Rp200.000,00 hingga Rp500.000,00 atau tergantung kesepakatan dengan pemilik rumah.

Tempat Wisata Bojonegoro dan Tuban
Air Terjun Nglirip, Tuban

Air Terjun Nglirip


Air Terjun Nglirip berada di Dusun Jojogan, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Jika anda ingin masuk ke salah satu tempat wisata Tuban ini dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000,00 per orang dan biaya parkir Rp 2.000,00 untuk roda dua dan Rp 5.000,00 untuk roda empat, bagi pengunjung.

Air terjun setinggi 25-30 meter ini memiliki keindahan persekitaran yang sangat mempesona. Sangat sesuai bagi anda yang hobi memotret air terjun. Tidak disediakan fasilitas toilet ataupun mushola khusus di tempat wisata ini. Namun, Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut di mushola milik desa setempat.

Tempat wisata Bojonegoro dan Tuban, sangat banyak dan beragam. Namun, informasi di atas cukup memadai bagi anda yang mencari tempat wisata alam di kawasan tersebut. Jika berkunjung ke air terjun, pastikan Anda menyiapkan stamina, perlengkapan keselamatan, dan memperthatikan kondisi cuaca. Selamat berpetualang.
Advertisement

Baca juga:

You Might Also Like:


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments