4 Tempat Wisata Surabaya Penuh Sejarah

4 Tempat Wisata Surabaya Penuh Sejarah

Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya bisa dikatakan memiliki segalanya. Infrastuktur, akomodasi, dan fasilitas, yang sangat mendukung iklim pariwisata di ibukota Provinsi Jawa Timur ini. Selain kekayaan berupa keindahan alam, kuliner, dan tata kota yang cantik, sejarah menjadi warna tersendiri bagi tempat wisata Surabaya. Monumen dan museum juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti di bawah ini

house of sampoerna Tempat Wisata Surabaya
House Of Sampoerna Surabaya

House of Sampoerna


Museum yang berlokasi di Surabaya ini, tak jauh dari Jembatan Merah. Tempat wisata Surabaya ini dibangun dengan gaya arsitektur Belanda yang unik, memiliki 4 tiang bagian depan berbentuk rokok. Tempat ini menjadi rumah bagi koleksi alat-alat pengolahan tembakau, replika kios, barang-barang antik milik keluarga Sampoerna.

Kompleks gedung yang dibangun sekitar tahun 1862, ini sempat dijadikan panti asuhan putera, yangg dikelola oleh pemerintah Hindia Belanda. Namun pada tahun 1932, oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna dibeli dan dijadikan sebagai tempat produksi rokok Sampoerna yang pertama.

Terdapat beberapa gedung di kawasan ini yang difungsikan sebagai rumah tinggal keluarga Sampoerna, kafe, galeri seni, dan auditorium. Di lantai 2 gedung, Anda dapat melihat proses pembuatan rokok kretek, dan membeli souvenir. Namun tidak diperbolehkan mengambil gambar di kawasan produksi.

Kunjungi juga : Vidi Vini Vici Oleh Oleh Kekinian Surabaya

Monkasel Tempat Wisata Surabaya
Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam


Surabaya terkenal sebagai pangkalan Armada Laut Timur, pada masa awal kejayaan maritim Indonesia. Bukti kejayaan tersebut, tersimpan dalam monumen yang terletak di pusat kota Surabaya ini.

Monumen ini asalnya adalah sebuah kapal selam yang digunakan dalam pertempuran pembebasan Irian Barat milik TNI AL. Kapal selam bertipe Whiskey Class yang dibuat oleh Uni Soviet tahun 1952 ini bernama KRI Pasoepati 410, berukuran panjang 76,6 meter dan lebar 6,30 meter. Sebelum dipindahkan ke Surabaya dan dijadikan monumen, kapal selam ini dipotong menjadi 16 bagian.
Tugu Pahlawan

Monumen Kapal Selam memang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Apalagi bersama anak teracinta, sembari menikmati wisatanya kita dapat mengenalkan sejarah tentang kapal selam.

Kunjungi juga : Snowcake Surabaya Oleh Oleh Hits Surabaya

tugu pahlawan surabaya
Seokarno-Hatta

Tugu Pahlawan


Tugu berbentuk lingga ini dibangun untuk mengenang perjuangan prajurit yang gugur dalam pertempuran melawan sekutu dan NICA pada 10 November 1945. Tugu ini terletak di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu ini berukuran tinggi 40,45 meter dengan diameter 3,10 meter dan diameter bagian bawah 1,30 meter.

Pada bagian bawah monumen, dihiasi dengan ukiran trisula, cakra, stamba, dan padma sebagai simbol perjiangan. Di bawah tugu ini terdapat Museum 10 November yang menyimpan dokumentasi dan bukti sejarah peristiwa 10 November. Monumen ini menjadi tempat wisata surabaya yang menyimpan bukti perjuangan melawan Belanda.

Kunjungi juga : Inul Cake and Pastry Oleh Oleh Enak Surabaya

Rumah Batik, tempat wisata Surabaya
Rumah Batik Surabaya

Rumah Batik


Lebih dari 2000 lembar batik dengan corak dan motif berbeda menjadi koleksi di dalam rumah batik yang berlokasi di jalan Margorejo No. 143, Surabaya.

Tempat wisata Surabaya ini, dapat menjadi tempat wisata edukasi bagi Anda dan keluarga. Koleksi batik yang disimpan berasal dari beberapa wilayah, antara lain; Bangkalan, Sumenep, Sidoarjo, Ponorogo, Bojonegoro, Mojokerto, Tuban, Jombang, dan Surabaya sendiri. Selain melihat-lihat koleksi batik, anda juga dapat membelinya dalam eceran maupun grosir.

Ternyata, berwisata tak harus ke taman hiburan. Mengunjungi tempat wisata Surabaya yang berupa monumen dan museum tak kalah menarik untuk Anda dan keluarga.
Advertisement

Baca juga:

You Might Also Like:


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments